Sabtu, 10 Desember 2011

Pengantar

Blog ini merupakan salah satu catatan untuk mudah dalam pencarian atau referensi , yang terpenting adalah merupakan pengingat saja di saat lupa.

Kita semua "mungkin telah" tahu bahwa ibadah adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ibadah menurut Keluasan dan lingkupnya terdiri dari dua hal yaitu Ibadah Muamalah, dan Ibadah Mahdah. 

Kalau Ibadah mahdhah itu tentang ibadah yang berhubungan antara Allah dan manusia melalui rasulnya, sedangkah Ibadah Muamalah adalah ibadah hubungan manusia dengan manusia, termasuk manusia dengan alam sekitar.

Puasa, shalat, zakatdan haji, misalnya, kita mungkin belum tahu secara pasti, dengan tujuan apa perintah itu disyariatkan. 
Mengunjungi saudara, mengjenguk teman, adab sopan santun dan sebagainya mempunyai aturan dan tata cara yang indah, Bahasa yang santun dalam pergaulan membuat persaudaraan makin baik. Dan lain sebagainya. 

Maka perangkat-perangkat hidup setidaknya dipelajari dan diamalkan sejak dini, akan mencerminkan jiwa dan tingkah laku menjadi lebih baik. Hal-hal yang dilakukan sehari-hari, sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, Tuhan semesta alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar